MENU

Sabtu, 25 Agustus 2018

SDIT IKHTIAR


A.     VISI SEKOLAH
Terwujudnya generasi Berkarakter, Cerdas, Kompetitif dan Cinta Lingkungan
B.     MISI SEKOLAH
1.     Berkarakter: Memiliki akhlakul karimah dan cinta lingkungan
2.     Cerdas: Cerdas akademik dan non akademik
3.     Kompetitif: Unggul dalam prestasi
C.      TUJUAN SEKOLAH
 Secara khusus tujuan pendidikan di SDIT Ikhtiar adalah:
1.     Menuntaskan sarana pembelajaran yang dicanangkan pemerintah dalam kurikulum nasional
2.     Mengajarkan kemampuan membaca Al Qur’an dengan stándar tahsin dan tartil (membaca sesuai hukum tajwid), dan kemampuan menghafal al-Qur’an (tahfidzul Qur’an) dengan stándar minimal 2 (dua) juz
3.     Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kota Makassar
4.     Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
5.     Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
6.     Menjadi sekolah rujukan tentang implementasi nilai-nilai islami dalam pembelajaran
Strategi dan pendekatan yang diterapkan dalam menjalankan misi dan upaya mencapai tujuan pendidikan, dan diharapkan dapat mendukung keefektifan penyelenggaraan sekolah, adalah :
1.     Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif (biah sholihah) dalam dimensi keamanan, kesehatan, kebersihan, keindahan, suasana kekeluargaan (ukhuwwah islamiyah), fasilitas belajar dan beribadah.
2.     Menerapkan aturan dan norma yang bersendikan nilai-nilai islam dalam hal berperilaku, bertutur kata, berpakaian, berinteraksi, makan dan minum, serta perilaku lainnya yang lazim digunakan di lingkungan di sekolah
3.     Menerapkan pembelajaran yang efektif dengan memperkaya dan meluaskan sumber belajar, meningkatkan intraksi yang stimulatif melalui pendekatan dan metode yang menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah dan dilakukan dalam pendekatan kolaboratif dan kooperatif
4.     Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, belajar dengan melakukan, mengembangkan kemampuan social, mengembangkan keingintahuan, imajinasi dan fitrah bertuhan, mengembangkan keterampilan, pemecahan masalah, mengembangkan kreatifitas peserta didik, mengembangkan kemampuan, menggunakan ilmu dan teknologi, menumbuhkan kesadaran sebagai warga Negara yang baik, belajar sepanjang hayat, perpaduan kompetisi, kerjasama dan solidaritas.
5.     Melakukan proses islamisasi dalam proses pembelajaran. Tujuan utama islamisasi adalah membentuk kesadaran pola piker yang integral dalam persfektif islam. Peserta didik selalu diajak berfikir dan memahami bahwa seluruh fenomena alam yang terbentang dan segala permasalahan serta dinamika yang muncul tidak dapat dilepaskan dari peran Allah SWT yang Maha Bijaksana, Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Pengatur alam raya. Dengan islamisasi pembelajaran, diharapkan terjadi hubungan emosional yang kuat antara objek bahasan, peserta didik dan nilai-nilai islam
6.     Memperkuat program pembinaan kesiswaan dengan kurikulum pendamping dan kurikulum tambahan. Pembinaan kepemimpinan serta mengefektifkan pendekatan mentoring. SDIT Ikhtiar memiliki standar pembinaan siswa yang menekankan kepada pembiasaan beribadah, pelatihan kepemimpinan, kepedulian social, peduli lingkungan dan sebagainya
7.     Menjalin kemitraan yang efektif dengan berbagai pihak terkait terutama orang tua siswa dan masyarakat sekitar
8.     Menyelenggarakan sekolah penuh waktu (fullday school)
9.     Memastikan kepala sekolah dan guru memiliki visi, misi, semangat dan pemikiran serta sikap prilaku yang sejalan dengan falsafah, nilai, visi dan misi pendirian SDIT. Melaksanakan proses rekruitmen kepala sekolah dan guru dengan standar penilaian yang ketat sesuai dengan visi misi sekolah
10.  Memberlakukan tata tertib, norma dan etika yang dibuat bersandar pada etika dan nilai islami dan kepatutan social.
D.     JAMINAN MUTU SEKOLAH
Jaminan mutu adalah jaminan yang akan dicapai siswa selama menjalankan pendidikan di SDIT Ikhtiar. Jaminan mutu adalah penjabaran dari visi,misi dan tujuan sekolah. Jaminan mutu SDIT Ikhtiar sebagai berikut:
1.     Berkarakter
Ø  Kebersihan: Mampu Menjaga kebersihan diri, mampu menjaga kebersihan lingkungan (cinta lingkungan)
Ø  Kedisiplinan: mampu disiplin waktu, mampu disiplin pakaian, Mampu  Bersikap Antri
Ø  Kesopanan: Mampu nenerapkan 5S(Salam Senyum Sapa, Sopan dan Santun), mampu berkata baik atau diam
Ø  Melakukan Ibadah Dengan benar:  sadar sholat, sadar puasa, sadar Infaq
Ø  Bersikap Mandiri: mampu berperilaku mandiri di sekolah, mampi berperilaku mandiri di rumah
Ø  Berbudaya Islam: Mampu menerapkan budaya islam
Ø  Memiliki Kemampuan Membaca, menghafal dan memehami Alquran dengan baik: Membaca Al-Qur’an dengan benar, Mampu menghafal Al-Qur’an 3 Juz. Tadarrus secara  mandiri.
Ø  Berkomunikasi dalam dua bahasa: mampu bercakap dalam dua bahasa (arab dan Inggris).
2.     Cerdas
Ø  Memiliki Wawasan Luas: lulus ujian sekolah  dengan nilai rata-rata 80 pada pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Ø  Memiliki  Keterampilan Hidup (LIFE SKILL): Mampu menghasilkan karya tulis,
Ø  Renang: Mampu berenang
Ø  Ikhtiar talent: Mewarnai, menggambar dan tari.
3.     Kompetitif
Ø  Tahfidz dan Tilawah: mulai menghafal juz 30 dengan tartil dan lagu yang merdu,
Ø  Futsal: Meraih Juara dalam Ajang Futsal
Ø  Tapak Suci: Meraih juara dalam Tapak Suci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar