TUJUAN
PENDIDIKAN, VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A.
TUJUAN
PENDIDIKAN
SDIT pada hakikatnya adalah sekolah yang
mengimplementasikan konsep konsep pendidikan islam berlandaskan Al Qur’an dan
As Sunnah. Konsep operasional SDIT merupakan akumulasi dari proses pembudayaan,
pewarisan dan pengembangan ajaran islam, budaya dan peradaban islam dari
generasi ke generasi. Istilah “terpadu” dalam SDIT dimaksudkan sebagai penguat
(taukid) dari islam itu sendiri yang bermakna islam yang utuh, menyeluruh,
integral bukan parsial, syumuliyyah bukan juz’iyyah. Hal ini menjadi semangat
utama dalam gerak dakwah dalam bidang pendidikan sebagai “perlawanan’ terhadap
pemahaman sekuler, dikotomi. Dalam aplikasinya SDIT diartikan sebagai sekolah
yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan sekolah dengan memadukan pendidikan
umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan
ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai
ajaran dan pesan islami.
Disamping keterpaduan pendidikan
pada ranah kognitif, afektif dan konatif, SDIT Ikhtiar juga memadukan
pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah. Artinya SDIT Ikhtiar berupaya
mengembangkan kemampuan peserta didik di ranah intelektualnya, meningkatkan
kualitas keimanan dan ketaqwaannya, juga memperhatikan kebugaran jasmaninya.
Keterpaduan antara pendidikan di sekolah, rumah dan masyarakat menjadi
perhatian. Keikutsertaan para orang tua dan masyarakat secara keseluruhan dalam
mendidik generasi ‘rabbani’ sungguh sangat dibutuhkan.
SDIT Ikhtiar adalah sekolah
yang bertekad keras untuk menjadikan nilai dan ajaran islam terjabarkan dalam
seluruh aspek yang terkait dengan penyelenggaraan sekolah. Prinsip-prinsip
tersebut meliputi :
a.
Meyakini bahwa
penyelenggaraan pendidikan islam merupakan pekerjaan mulia yang menuntut
dedikasi, loyalitas dan kerja keras.
b.
Pendidikan
diselenggarakan dengan tulus ikhlas, dedikasi yang tinggi dengan cara-cara
yang bijak dan dipandang sebagai
kewajiban menjalankan perintah Allah SWT.
c.
Pendidikan pada
hakikatnya adalah mengajarkan seluruh kandungan Islam (al Qur’an dan Hadits)
sebagai satu kesatuan ilmu Allah. Oleh karenanya seluruh kandungan kurikulum di
SDIT dikembangkan berdasarkan keyakinan dan pandangan yang terpadu bersendikan
ke-tauhid-an Allah SWT. SDIT Ikhtiar berupaya mengintegrasikan ilmu Allah yang
tersurat (Qauliyah) dan ilmu Allah yang bertebaran di muka bumi (Kauniyah)
dalam bangunan kurikulum, mengedepankan keteladanan (qudwah hasanah) dari para
pendidik dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam hal ‘ubudiyah
dan akhlaqiyah. In
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilm, cakap, kratif, mandiri dan menjadi warga Negara
yang demokratis dan bertanggung jawab
Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut.
B.
VISI
SEKOLAH
Terwujudnya generasi Berkarakter, Cerdas,
Kompetitif dan Cinta Lingkungan
C.
MISI
SEKOLAH
1. Berkarakter: Memiliki akhlakul karimah dan cinta
lingkungan
2. Cerdas: Cerdas akademik dan non akademik
3. Kompetitif: Unggul dalam prestasi
D.
TUJUAN
SEKOLAH
Secara khusus tujuan pendidikan di SDIT Ikhtiar adalah:
1. Menuntaskan sarana pembelajaran yang
dicanangkan pemerintah dalam kurikulum nasional
2. Mengajarkan kemampuan membaca Al Qur’an
dengan stándar tahsin dan tartil (membaca sesuai hukum tajwid), dan kemampuan
menghafal al-Qur’an (tahfidzul Qur’an) dengan stándar minimal 2 (dua) juz
3. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kota Makassar
4. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan
teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
5. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di
lingkungan masyarakat sekitar;
6. Menjadi sekolah rujukan tentang
implementasi nilai-nilai islami dalam pembelajaran
Strategi dan
pendekatan yang diterapkan dalam menjalankan misi dan upaya mencapai tujuan
pendidikan, dan diharapkan dapat mendukung keefektifan penyelenggaraan sekolah,
adalah :
1.
Mewujudkan lingkungan sekolah yang
kondusif (biah sholihah) dalam dimensi keamanan, kesehatan, kebersihan,
keindahan, suasana kekeluargaan (ukhuwwah islamiyah), fasilitas belajar dan
beribadah.
2.
Menerapkan aturan dan norma yang
bersendikan nilai-nilai islam dalam hal berperilaku, bertutur kata, berpakaian,
berinteraksi, makan dan minum, serta perilaku lainnya yang lazim digunakan di
lingkungan di sekolah
3.
Menerapkan pembelajaran yang efektif
dengan memperkaya dan meluaskan sumber belajar, meningkatkan intraksi yang
stimulatif melalui pendekatan dan metode yang menumbuhkan kemampuan pemecahan
masalah dan dilakukan dalam pendekatan kolaboratif dan kooperatif
4.
Mengembangkan pembelajaran yang berpusat
pada peserta didik, belajar dengan melakukan, mengembangkan kemampuan social,
mengembangkan keingintahuan, imajinasi dan fitrah bertuhan, mengembangkan
keterampilan, pemecahan masalah, mengembangkan kreatifitas peserta didik,
mengembangkan kemampuan, menggunakan ilmu dan teknologi, menumbuhkan kesadaran
sebagai warga Negara yang baik, belajar sepanjang hayat, perpaduan kompetisi,
kerjasama dan solidaritas.
5.
Melakukan proses islamisasi dalam proses
pembelajaran. Tujuan utama islamisasi adalah membentuk kesadaran pola piker
yang integral dalam persfektif islam. Peserta didik selalu diajak berfikir dan
memahami bahwa seluruh fenomena alam yang terbentang dan segala permasalahan
serta dinamika yang muncul tidak dapat dilepaskan dari peran Allah SWT yang
Maha Bijaksana, Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Pengatur alam raya. Dengan
islamisasi pembelajaran, diharapkan terjadi hubungan emosional yang kuat antara
objek bahasan, peserta didik dan nilai-nilai islam
6.
Memperkuat program pembinaan kesiswaan
dengan kurikulum pendamping dan kurikulum tambahan. Pembinaan kepemimpinan
serta mengefektifkan pendekatan mentoring. SDIT Ikhtiar memiliki standar
pembinaan siswa yang menekankan kepada pembiasaan beribadah, pelatihan
kepemimpinan, kepedulian social, peduli lingkungan dan sebagainya
7.
Menjalin kemitraan yang efektif dengan
berbagai pihak terkait terutama orang tua siswa dan masyarakat sekitar
8.
Menyelenggarakan sekolah penuh waktu
(fullday school)
9.
Memastikan kepala sekolah dan guru
memiliki visi, misi, semangat dan pemikiran serta sikap prilaku yang sejalan
dengan falsafah, nilai, visi dan misi pendirian SDIT. Melaksanakan proses
rekruitmen kepala sekolah dan guru dengan standar penilaian yang ketat sesuai
dengan visi misi sekolah
10.
Memberlakukan tata tertib, norma dan
etika yang dibuat bersandar pada etika dan nilai islami dan kepatutan social.
E.
JAMINAN
MUTU SEKOLAH
Jaminan mutu
adalah jaminan yang akan dicapai siswa selama menjalankan pendidikan di SDIT
Ikhtiar. Jaminan mutu adalah penjabaran dari visi,misi dan tujuan sekolah.
Jaminan mutu SDIT Ikhtiar sebagai berikut:
1.
Berkarakter
Ø Kebersihan:
Mampu Menjaga kebersihan diri, mampu menjaga
kebersihan lingkungan (cinta lingkungan)
Ø Kedisiplinan:
mampu disiplin waktu, mampu disiplin pakaian,
Mampu Bersikap Antri
Ø Kesopanan:
Mampu nenerapkan 5S(Salam Senyum Sapa, Sopan dan
Santun), mampu berkata baik atau diam
Ø Melakukan
Ibadah Dengan benar: sadar sholat, sadar puasa, sadar Infaq
Ø Bersikap
Mandiri: mampu berperilaku mandiri di sekolah, mampi
berperilaku mandiri di rumah
Ø Berbudaya Islam: Mampu menerapkan budaya islam
Ø Memiliki
Kemampuan Membaca, menghafal dan memehami Alquran dengan baik: Membaca Al-Qur’an dengan benar, Mampu menghafal Al-Qur’an 3
Juz. Tadarrus secara mandiri.
Ø Berkomunikasi
dalam dua bahasa: mampu bercakap dalam dua bahasa
(arab dan Inggris).
2.
Cerdas
Ø Memiliki
Wawasan Luas: lulus ujian sekolah dengan nilai rata-rata 80 pada pelajaran
Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Ø Memiliki Keterampilan Hidup
(LIFE SKILL): Mampu menghasilkan karya tulis,
Ø Renang: Mampu berenang
Ø Ikhtiar talent: Mewarnai, menggambar dan tari.
3.
Kompetitif
Ø Tahfidz
dan Tilawah: mulai menghafal juz 30 dengan tartil dan
lagu yang merdu,
Ø Futsal: Meraih Juara dalam Ajang Futsal
Ø Tapak
Suci: Meraih juara dalam Tapak Suci.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar